Monday, September 23, 2013

Khasiat Daun Jambu Biji

Khasiat Daun Jambu Biji

Khasiat Daun Jambu Biji memang tidak kalah populer dengan khasiat daun sirsak,daun salam dan daun binahaong. Daun jambu biji memang banyak di gunakan masyarakat indonesia sebagai pengobatan tradisional untuk diare namun ternyata banyak sekali khasiat daun jambu biji selain untuk pengobatan diare diantaranya sebagai antiinflamasi, antimutagenik, antimikroba dan analgesik. 
Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, flavonoid, polifenol, karoten dan tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. dalam berbagai penelitian pun di ungkapkan salah satunya yang di lakukan oleh Susi indriani tentang khasiat daun jambu biji sebagai anti oksidan. Ia melakukan pengujian antara daun jambu biji likal dengan daun jambu biji yang lainnya. Dalam pengujianya, ternyata daun biji lokal memiliki potensi anti oksidan yang lebih baik dari pada yang lainnya.
Adapun Beberapa khasiat daun jambu biji diantaranya adalah sebagai pengobatan untuk:
Ambeien
Ambil beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.
Kembung pada anak anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.
Diare dan disentri
Untuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tau. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:
  • Ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih
  • Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
  • Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.
Mencegah infeksi luka luar
Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.

Menghilangkan jerawat
Petik daun jambu biji yang masih muda saja (pucuk daun jambu biji). Cuci bersih lalu tambahkan air sedikit dan remas-remas daun jambu biji dengan telapak tangan sampai berbusa dan oleskan ramuan daun jambu biji tersebut pada wajah yang berjerawat dan tunggu beberapa saat, kemudian ir bilas wajah sampai bersih dengan air bersih.

Membersihkan Komedo dan wajah yang kotor

Ambil beberapa daun jambu biji yang masih muda, atau pucuknya, cuci bersih. Kemudian blender dengan air secukupnya. Setelah daun jambu biji diblender dan berubah menjadi cair dan encer, gunakan untuk menscrub wajah Anda yang banyak komedonya
Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.
Itulah beberapa khasiat daun jambu biji yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini,,semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!!
Sumber : http://marvelherbal.blogspot.com/2013/05/khasiat-daun-jambu-biji.html

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

my page

next page

Copyright © 2012. TANAMAN HERBAL-IRA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz